You Are Here: Home » Acara » Laporan Kuliah Tamu: Rezza Ferrydiansyah

Laporan Kuliah Tamu: Rezza Ferrydiansyah

Teknik Informatika ITB, sebagai salah satu program studi ternama di Institut Teknologi Bandung, telah berhasil membuktikan kehebatannya dengan mengundang salah satu alumninya untuk mengisi kuliah umum yang dihadiri mahasiswa Informatika dari berbagai tingkat. Adalah Reza Ferrydiansyah, alumni Informatika tahun 1996, yang berhasil melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Amerika Serikat dan bekerja sebagai salah satu developer di Microsoft.

Reza menjelaskan tentang Kinect

Reza pernah menjadi dosen di Informatika ITB selama tiga semester dan akhirnya merealisasikan mimpinya untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat sembari memenuhi keinginannya untuk melakukan penelitian. Beliau mengambil Health Information Management di University of Pittsburgh untuk M.Sc dan melanjutkan keinformatikaannya di Computer Science, Michigan State University untuk PhD. Beliau sudah mengerjakan banyak proyek selama menjadi mahasiswa. Proyeknya pun berhasil membiayai beliau sekolah di Amerika. Kali ini beliau membawa kuliah yang berjudul Informatics In Real Life dengan tiga poin yaitu From Ideas to Implementation, Software Development at Microsoft dan Opportunities.

Pada sesi pertama, beliau mengajak para mahasiswa untuk mengamati lingkungan, mencari persoalan dan menformulasikan persoalan sehingga dapat dipecahkan dengan teknik informatika. Mahasiswa Informatika seharusnya berpikir out of the box. Caranya adalah dengan melatih berpikir kreatif, mempelajari bidang di luar informatika, menghubungkan dua domain yang berbeda, ask what-if question dan ide sebaiknya segera ditulis dan diimplementasikan. Reza sendiri sudah berhasil merealisasikan idenya, antara lain Autograder, sebuah aplikasi untuk meningkatkan efisiensi proses penilaian tugas kuliah di kelas CSE 101, dan Algoshop, sebuah aplikasi agar mahasiswa tidak bosan mempelajari algoritma. Kuncinya adalah proaktif, gunakan peralatan yang sudah ada dan betapa pentingnya portfolio.

Dalam Microsoft, pembuatan aplikasi dilakukan oleh Developer, Test dan Program Manager. Masing-masing mempunyai tugas yang saling berhubungan. Evolusi kode pun melewati fase design, code, testing dan submission. Sedangkan untuk kesempatan yang ada, beliau mengingatkan para mahasiswa yang masih mempunyai banyak waktu untuk menciptakan sesuatu yang mempunyai nilai tambah. Beliau juga menyarankan untuk mengikuti segala kompetisi yang ada bagi mahasiswa Informatika dan memperkenalkan produk-produk Microsoft yaitu Windows 8, BING, Could+Office 365, Yammer, XBOX Entertainment hub dan Kinect, dan Smartglass.

Dengan kedatangan dan kesediaan Reza untuk berbagi, mahasiswa Informatika menjadi terbuka wawasannya dan semakin bertekad untuk bisa menjelajah dunia dengan informatika.

Artikel ini disumbangkan oleh rekan-rekan dari Himpunan Mahasiswa Informatika ITB.

About The Author

Number of Entries : 45

Comments (1)

Leave a Comment

© 2011 Copyright by Informatika.org, Powered By Wordpress, Goodnews Theme By Momizat Team

Scroll to top